Materi Dasar tentang Pemrograman Grafik

17.18 Unknown 0 Comments

A. Pengertian Grafika Komputer
Grafika komputer adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari 
bagaimana “membangun” grafik (gambar) baik 2D maupun 3D yang kelihatan
nyata menggunakan komputer. 
Salah satu bidang grafika komputer yang sangat terkenal adalah
Desain Grafis.Teknik – teknik yang dipelajari dalam grafika computer adalah
teknik – teknik bagaimana membuat atau menciptakan gambar dengan
menggunakan computer.Ada perbedaan yang sangat mendasar antara photo
dan gambar, dimana pada photo semua detail objek terlihat sedangkan gambar
(baik itu gambar manusia atau gambar computer) tidak dapat memperlihatkan
semua detail yang ada tetapi hanya detail yang dianggap penting dalam
menunjukkan pola suatu gambar. 
Grafika computer merupakan perangkat (tool) dasar yang digunakan
untuk membuat gambar dengan computer.Dengan menggunakan perangkat
ini, penciptaan gambar dapat dilakukan, bahkan dimudahkan, dengan
menggunakan computer. Ada beberapa program yang sangat kompleks guna
membuat gambar computer, antara lain Microsoft Photo Editor, Adobe
Photoshop, Maya, Autocad, 3D space Max, dan lain – lain. 
Untuk membuat program – program diatas dapat digunakan berbagai
macam bahasa pemrograman dengan library grafis yang sesuai.Dalam laporan
ini digunakan bahasa pemrograman C++, karena dalam system operasi
Microsoft Windows maka menggunakan Microsoft Visual C++ dengan library
grafik yang digunakan adalah OpenGL. 

B. Pegertian OpenGL 
OpenGL adalah library yang khusus menyediakan perangkat – perangkat
pembuatan grafik. OpenGL bekerja pada bahasa C. Dan berikut adalah cara
menginstall OpenGL pada Microsoft Windows: 

1. Ada tiga file yang penting dalam OpenGL yang akan digunakan dalam
    operasi MS-Windows, yaitu glut.h, glut32.lib dan glut.dll.  
2. Letakkan glut.h di direktori include pada Visual C (vc98/include/GL).
3. Letakkan glut32.lib di direktori lib pada Visual C (vc98/lib).
4. Letakkan glut32.dll di direktori windows/system. 

Struktur Dasar Program Grafik Dengan OpenGL
#include <GL/glut.h>
void userdraw()
{ static int tick=0;
//program grafik ditulis disini
}
void display(void)
{  //clear screen
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
userdraw();
glutSwapBuffers();
}
int main(int argc, char**argv)
{ glutInit(&argc,argv);//Inisialisasi Toolkit
glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutInitWindowSize(640,480);
glutCreateWindow("Drawing by Nita");
glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0);
gluOrtho2D(0.,640.,-240.,240.);
glutIdleFunc(display);
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}

Keterangan : 
* #include <GL/Glut.h>
   Statment dasar yang harus ada dalam membuat gambar dengan library OpenGL.

* void userdraw()
{
static int tick=0;
//program grafik ditulis disini
}
  Untuk menggambar objek yang akan dibuat dalam komputer grafik.

* void display(void)
{
//clear screen
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
userdraw();
glutSwapBuffers();
}
  Untuk menggambarkan gambar di layar computer ketika program dijalankan.

* glutInitWindowPosition(100,100);
glutInitWindowSize(640,480);
  Membuat window dengan ukuran(640,480) dengan titik kiri atas jendela
  diletakkan pada posisi (100,100) di layar computer.

* glutCreateWindow("Drawing by Nita");
  Memberi judul pada window dengan “Drawing by Nita”

* glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0);
  Mendefenisikan warna dari window yang dibuat dengan warna (0,0,0), yaitu
  warna hitam.

* gluOrtho2D(0.,640.,-240.,240.);
  Mendefenisikan besarnya system koordinat dengan range sumbu x adalah [0,640]
  dan range sumbu y adalah [-240,240].

C. Pengertian Polyline 
    Polyline adalah sekumpulan garis yang terhubung satu dengan yang  lainnya hingga membentuk          sebuah obyek gambar.

D. Pengertian Polygon  
     Polygon adalah sekumpulan garis yang terhubung satu dengan yang lainnya dan berbentuk kurva        tertutup hingga membentuk sebuah obyek gambar.

F. Pewarnaan 
    glColor3f(red,green,blue);
    Red,green,blue bervariasi diantara 0. S/d 1.
    glColor3f(0.,0.,0.);//black  
    glColor3f(0.,0.,1.);//blue  
    glColor3f(0.,1.,0.);//green  
    glColor3f(0.,1.,1.);//cyan  
    glColor3f(1.,0.,0.);//red  
    glColor3f(1.,0.,1.);//magenta  
    glColor3f(1.,1.,0.);//yellow  
    glColor3f(1.,1.,1.);//white .

0 komentar: