Materi Tentang pencahayaan pada OpenGL

12.59 Unknown 0 Comments

Pencahayaan pada OpenGL

OpenGL akan melakukan komputasi warna setiap pixel di display akhir,
ditampilkan adegan itu dilakukan di frame buffer. Bagian dari komputasi ini tergantung
pada pencahayaan yang digunakan dalam adegan dan hal tersebut berkenaan dengan
bagaimana suatu benda dalam adegan yang memantulkan atau menyerap cahaya.
Sebagai contoh saja misalnya sebuah lautan memiliki warna yang berbeda pada cerah
maupun pada saat hari mendung. Adanya sinar matahari atau awan menentukan apakah
laut termelihat sebagai pirus terang atau abu-abu keruh kehijauan. Pada kenyataannya,
sebagian besar objek bahkan yang tidak terlihat tiga dimensi sampai mereka diterangi
cahaya. Pada gambar 2  menunjukkan dua versi dari adegan yang persis sama yaitu
sebuah bola, dimana satu dengan pencahayaan dan satu tanpa pencahayaan.


Gambar  Sebuah spere dengan diterangi cahaya dan tidak diterangi

Seperti ditunjukkan pada Gambar 2, wilayah gelap tampak tidak berbeda dari
bulatan dua dimensi . hal Ini menunjukkan betapa pentingnya interaksi antara obyek dan
cahaya adalah dalam menciptakan adegan tiga dimensi. 
Agar obyek yang telah dibuat terlihat lebih nyata, diperlukan tambahan efek
pencahayaan pada obyek yang telah kita buat. Pencahayaan adalah proses pemberian
cahaya pada suatu obyek, dikenal dengan istilah lighting atau iluminasi. Pada OpenGL
terdapat sebuah perbedaan penting antara warna dan pencahayaan yang perlu pahami.
Ketika menggunakan pencahayaan atau tekstur pemetaan dengan efek pencahayaan
dihidupkan, warna dari vertex adalah efek kumulatif dari warna bahan dan cahaya yang
bersinar di puncak. Ketika pencahayaan dimatikan, maka warna dari vertex adalah efek
pengaturan warna dan warna yang berbeda dengan bahan warna.


Gambar. Contoh ambient, diffuse, dan specular pada pantulan cahaya
 
Dengan menggunakan OpenGL, dapat memanipulasi pencahayaan dan obyek dalam
sebuah adegan untuk menciptakan berbagai macam efek. Dalam pokok bahasan pada bab
pencahayaan akan dimulai dengan sebuah pencahayaan yang penting pada permukaan
tersembunyi penghapusan. Kemudian menjelaskan bagaimana untuk mengontrol
pencahayaan dalam suatu adegan, membahas model konseptual OpenGL pencahayaan, dan
menggambarkan secara rinci cara mengatur pencahayaan dengan banyak parameter untuk
mendapatkan efek tertentu. Pada akhir bab, perhitungan matematis yang menentukan

bagaimana warna mempengaruhi pencahayaan disajikan

0 komentar: